Tujuan dan Sasaran

 TUJUAN DAN SASARAN

  TUJUAN

              Tujuan merupakan implementasi atau penjabaran dari Misi dan merupakan sesuatu (apa) yang akan dicapai atau dihasilkan pada kurun waktu tertentu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun (kapan harus dicapai). Karakteristik tujuan adalah sebagai berikut : - Idealistik : Mengandung nilai-nilai keluhuran dan keinginan kuat untuk menjadi baik dan berhasil. - Jangkauan ke depan dicapai dalam waktu 5 (lima) tahun atau lebih sebagaimana yang ditetapkan oleh suatu organisasi. - Abstrak : Belum dapat dilihat secara kuantitas karena pencapaian tujuan dapat berlangsung secara berkesinambungan. Berdasarkan uraian di atas, maka Badan Kesbang dan Politik Kabupaten Malang menetapkan tujuan sebagai berikut : Tujuan dalam rangka mewujudkan Misi pertama (Menumbuhkembangkan Kehidupan Politik dan Kemasyarakatan yang Demokratis di Kabupaten Malang) adalah :

- Untuk menjalin komunikasi yang baik antara organisasi kemasyarakatan dan Organisasi Sosial dan Politik guna menciptakan kesamaan pemahaman tentang kehidupan yang konstitusional dan kehidupan demokratis sesuai dengan tatanan, etika dan budaya politik yang semakin mantap atas dasar kewajiban dan hak asasi yang sama.

Tujuan dalam rangka mewujudkan Misi kedua (Menciptakan Stabilitas dan Hak Politik yang dimiliki, serta membangun karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila) adalah :

- Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum di wilayah Kabupaten Malang, kualitas Partai Politik dan Organisasi Kemasyarakatan serta partisipasi masyarakat dalam Bidang Politik.

- Untuk memberikan asistensi bagi aparatur pemerintah maupun fungsional Organisasi Politik sehingga memiliki bekal pengetahuan dan mempuan yang memadai dalam upaya melakukan analisis perselisihan Sosial Politik yang berkembang di masyarakat.

Tujuan dalam rangka mewujudkan Misi ketiga (Membantu terwujudnya Pelayanan Prima terhadap kepentingan masyarakat) adalah :

- Memberikan asistensi kepada aparatur pemerintah baik dalam bentuk pendidikan dan pelatihan tentang kemampuan profesional seperti kemampuan ketrampilan administrasi, kemampuan teknis, kemampuan ketrampilan manajerial dan pendidikan lain seperti pendidikan penjenjangan ataupun pendidikan formal sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan masyarakat..

SASARAN

Sasaran yang merupakan penjabaran dari tujuan secara terukur yang akan dicapai secara nyata dalam jangka waktu setahun. Fokus utama sasaran adalah tindakan alokasi, distribusi dan pemanfaatan sumberdaya yang mengarah pada hasil nyata. Berdasarkan pengertian tersebut di atas, maka Badan Kesbang dan Politik Kabupaten Malang menetapkan sasaran sebagai berikut :

Misi Pertama

Tujuan : Terwakilinya semua umat beragama dalam wadah FKUB dalam upaya mempertahankan kerukunan umat beragama

Sasaran : Umat beragama dan penghayat kepercayaan

Misi Kedua

Tujuan : Konflik politik semakin menurun

Sasaran : Seluruh organisasi kemasyarakatan dan organisasi politik yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

Misi Ketiga

Tujuan : Aktualisasi Kegiatan Wawasan Kebangsaan yang Kondusif

Sasaran : Tokoh Agama/kemasyarakatan dan kepemudaan

Misi Keempat

Tujuan : Menurunnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan Kamtibmas

Sasaran : Aparatur Pemerintah di Wilayah Kabupaten Malang


Last Update:17-02-2009 09:13